Breaking News

Jumat, 18 Juli 2014

Castor dan Pollux Si kembar Gemini



Halo Sahabat, Kali ini kita akan membahas tentang Castor dan Pollux Si Kembar Gemini. Dalam Mitologi Castor dan Pollux merupakan kembar Berbeda Ayah. Berikut ceritanya.

Queen Leda of Sparta(ratu leda) yang merupakan istri dari King Tyndareus merupakan wanita yang cantik jelita. Hal ini lah yang membuat Dewa Zeus terpikat padanya dan mendatanginya dalam wujud angsa putih. Tentu saja hubungan keduanya merupakan hal yang salah karena Queen Leda of Sparta telah bersuamikan King Tyndareus.
 
 

Kemudian, Queen of sparta melahirkan 2 butir telur yang salah satu telur adalah miliknya dan Dewa Zeus. Setelah itu dua butir telur itu menetaskan empat orang bayi Clytaemnestra, Castor, Pollux, dan Helen. Clytaemnestra dan Hellen adalah anak perempuan sedangkan Castor dan Pollux adalah anak laki laki. Clytaemnestra dan Castor merupakan anak kembar King Tyndareus dan ratu leda. Sedangkan, Pollux dan Castor adalah anak kembar Dewa Zeus dengan ratu Leda. Karena Clytaemnestra dan Castor  merupakan keturunan manusia biasa mereka tidak abadi seperti Pollux dan Hellen yang bersifat abadi karena mereka keturunan dewa Zeus.

Meski Pollux dan Castor berbeda ayah namun mereka sangat dekat dan akrab. Mereka menjadi dua orang saudara yang tak dapat terpisahkan mereka juga merupakan ksatria ksatria yang gagah berani. Keduanya ikut dalam ekpidisi mencari bulu domba emas yang dijaga oleh naga yang tidak pernah tidur di Colchis bersama para argonauts (sebutan untuk 50 orang pahlawan Yunani). Keduanya pun membuktikan ketangguhanya dalam adu tinju.

Hingga suatu hari King Leucippus, menjajikan akan menikahkan kedua anak gadis nya kepada Pollux dan Castor namun, King Leucippus tidak menepati janjinya. King Leucippus menikahkan anaknya dengan anak King Messenia yaitu Idan dan Lynceus. Karena merasa dikecewakan maka terjadilah pertempuran antara Castor dengan Idas dan Pollux dengan Lynceus. Castor yang tidak abadi akhirnya gugur ditewaskan oleh Idas yang kemudian juga dibinasakan oleh petir Zeus sedangkan Pollux menewaskan Lynceus.

Pollux sangat menyayangi saudaranya, sehingga ia merasakan duka yang begitu mendalam saat melihat saudaranya tewas. Oleh sebab itu Pollux memohon kepada ayahnya Zeus untuk mencabut keabadian nya agar ia dapat menyusul saudaranya Castor. Lalu Zeus mencabut keabadian Pollux dan Pollux pergi menyusul Castor yang telah tiada. Melihat Kesetiaan Pollux kepada saudaranya Zeus terharu dan mengangkat keduanya kelangit menjadi Konstelasi bintang agar abadi di langit sebagai bintang Pollux dan Castor yang ada di rasi gemini . 
 
Nah itu tadi ceritanya sekarang kita bahas dalam tinjauan Astroniminya.
 
 
 
Castor (α Gem / α Geminorum / Alpha Geminorum) adalah bintang tercerah kedua di rasi Gemini dan termasuk bintang cerah di langit malam. Meskipun Bayer merujuk bintang ini sebagai "alpha," bintang ini lebih redup daripada β Gem (Pollux).
 


Pollux, juga disebut sebagai Beta Geminorum (β Gem / β Geminorum), adalah bintang raksasa jingga (orange giant) yang berada pada jarak 34 tahun cahaya dari Bumi, berada di rasi Gemini. Pollux termasuk bintang tercerah di langit malam, juga tercerah di rasi Gemini. Bintnang ini memiliki radius 8.8 kali, dan kecemerlangannya berkisar 32 kali Matahari.



Walaupun dikatakan kembar namun fisiknya sama sekali tidak mirip. Castor merupakan sistem bintang enam yang terdiri dari bintang biru keputihan tipe A yang panas (bluish-white A-type) dan bintang katai merah, sedangkan Pollux merupakan bintang yang berdiri sendiri, bintang raksasa jingga (yellow-orange giant).
 
Banyak lagi yang dapat dibahas Untuk Castor dan Pollux. Kalau diamati dari Ceritanya Mengapa Castor yang di jadikan Alpha Karena Castor yag Lebih dahuu naik ke Langit. Tapi itu hanya pendapat Pribadi.
 
Sampai disini dulu Sahabat Selamat Membaca :)

3 komentar:

Support By Noble Private