Breaking News

Sabtu, 31 Januari 2015

Bulan Bisa Terbenam juga Loh !!



Halo Sobat Astro, Kali ini kita akan membahas terbenamnya Bulan. Bukan Matahari saja yang bisa terbenam, Bulan Bisa Juga loh. Tapi pernah gak sobat lihat Bulan yang terbenam? Yah kalau belum pernah nih saya lihatkan Fotonya.

Kalau kita sering lihat Matahari terbenam di waktu yang hampir sama setiap harinya, Bulan tidak demikian sobat. Bulan terbit dan terbenam selalu telat dari hari sebelumnya. Telatnya itu sekitar 70 menit setiap hari. Jadi kalau hari ini Bulan terbenam pukul 18.25, maka besok kira kira Bulan akan terbenam pukul 19.35. Hal ini juga yang menyebabkan Pada Tiap malam di Jam yang sama, Bulan selalu bergeser ke arah tempat terbitnya. Yah tempat terbit Bulan sama dengan Matahari, yaitu arah Timur, dan tentu saja terbenam di barat.


Kalau bicara tentang Bulan terbit Biasanya sih lebih sering dikatakan sebagai Super Moon. Ituloh biasa pada pukul 18 lewat sekian, terkadang kita melihat Bulan lebih bewarna kekuningan dan bentuknya lebih besar dari hari biasanya. Nah itu dia Super Moon. Tapi tidak tiap hari loh di suatu daerah bisa lihat super moon. Super Moon cuman bisa dilihat pada Bulan Purnama Saja Heheh. Sebenarnya sih tiap Bulan terbit atau terbenam pasti kelihatan besar. Tapi Bentuknya yang berbeda, kadang tinggal setengah, atau lagi sabit, yah tergantung Fase Bulan saat itu.
          Nah sobat, keadaan Bulan membesar itu sebenarnya hanya Ilusi Loh. Selengkapnya baca disini. Ilusi Bulan.

          Kan Bulan suka Telat nih, jadi suatu saat pasti ada keadaan dimana Bulan Dan Matahari hampir terbenam bersamaan kan, nah kejadian itulah yang digunakan para Ahli untuk melakukan pengamatan Hilal.
                Cukup sekian dulu sobat bahasan tentang Bulan terbit dan terbenamnya. Kalau ada pertanyaan, di komment aja. Jangan Lupa Share yaah...
Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Support By Noble Private