Breaking News

Sabtu, 31 Januari 2015

Ilusi Bulan (Ilusi Ponzo)

         Halo Sobat Astro, pernah lihat Bulan tapi ukurannya lebih besar dari ukuran biasanya?
        Nah tahu tidak, kalau itu cuman Ilusi semata? eh salah ilusi dua mata, kan kedua mata kita yang lihat kayak gitu hhehe...
      Nah sobat Astro kejadian seperti itu hanyalah sebuah ilusi, ilusi ini biasa juga di sebut Ilusi Ponzo.  Dimana apabila kita melihat benda besar dari kejauhan pasti akan kelihatan Kecil. Dan kalau ada benda Kecil didekat maka kita pasti akan kelihatan Besar. Konsep ini lah yang membuat otak kita terkadang bingung apakah suatu benda itu kecil atau besar.

        Kalau sobat perhatikan, Fenomena Super Moon hanya Nampak pada saat Bulan Terbit atau terbenam saja Bukan?. Hal itu karena Otak Kita sedang memproses data berupa Ukuran yang sebenarnya antara Bulan dan Benda yang ada Di ufuk Mata. Sebagai contoh perhatikan Gambar Berikut
        Otak kita akan Menganggap Bahwa Gambar wanita itu besar namun Jauh dan Mengecil sedangkan Garis sejajar dengan terowongan itu memiliki besar Jarak yang sama. Sehingga otak kita menyimpulkan Kalau Garis Merah yang dekat dengan Gambar Juga jauh di ujung terowongan, sehingga nampak lebih besar besar. Padahal sebenarnya tidak !! hal itu diakibatkan oleh otak kita yang menganggap besar sesungguhnya garis kedua itu sama dengan besar garis kecil pada gambar. (Garis Kecil 1 Kotak Garis dekat gambar 4 Kotak). Ilusi ini disebut juga Ilusi Ponzo.
        Hal inilah yang terjadi pada saat Supermoon. Bulan yang berdampingan dengan objek objek seperti Pepohonan dan Tower, akan lansung membuat otak kita beranggapan bahwa Bulan lebih besar Dari pada Biasanya, Padahal Ukuran Bulan saat itu tetap. Ketika Bulan Telah beranjak naik, maka Otak kita akan menganggap ukuran Bulan normal seperti biasanya, Hal ini dikarenakan Tidak ada lagi Objek yang bisa menjadi pembanding Bulan.
        Itulah sedikit pembahasan Kali ini Sobat, Kalau ada pertanyaan Silahkan Koment, Jangan Lupa Share yah :)
Terima Kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Support By Noble Private